Kamis, 11 Oktober 2012

kalkulator jadul-sederhana dan unik


khafifah  11.11.2329   ti11a

alhamdulilah akhirnya selesai juga tugasQuw...
 
 walaw sederhana tapiiii unik koq..tidak seperti kalkulator yang lainnya..biasanya kalkulator yang di pasaran cuma bisa menampilkan satu operasi saja yang kita inginkan..misalnya kita ingin menghitung jumlah saja maka keluarnya hanya hasil jumlah saja..beda dengan buatanku loh..Pokoknya Lain dari yang lain..hehehe...kalkulator ini langsung sekaligus menghitung 4 operand yaitu dengan menekan tombol hitung maka hasilnya akan muncul ke empat-empatnya yaitu hasil jumlah,kurang ,bagi dan kali...yapzzz penasarankann..yuk qita Simakkkk cara buatnya...

pertama bikin rinciannya dulu alias method yang kita butuhkan: 
Nama komponen
Jumlah
textbox
6
Button
3
Label
7
Ubah property dari komponen yang di tambahkan tersebut. kita ambil seberapa saja biar tidak kebanyakan yakkkk…ini  contohnya..
Nama komponen
Property
value
Label 1
Text
Kalkulator jadul
Label 2
text
Angka1
Textbox1
Name
Txt1
Button1
Name
bthitung

Lalu kita bikin desainnya sesuai dengan keinginan kita..contohnya sebagai berikut:

Pada aplikasi yang sudah di buat terdapat beberapa baris kode program sbb:

Txthasiljumlah.text=int(txt1.text+txt2.text)
Txthasilkurang.text=int(txt1.text-txt2.text)
Txthasilkali.text=int(txt1.text*txt2.text)
Txthasilbagi.text=int(txt1.text/txt2.text)

Dari beberapa baris kode di atas,yang akan anda amati adalah penggunaan operator dan operand.sebagai contoh adalah statemen:
Txthasiljumlah.text=int(txt1.text+txt2.text)

Statemen di atas merupakan statemen yang di gunakan untuk melakukan operasi perhitungan penjumlahan dari dua buah operand yaitu antara txt1.text dengan txt2.text.
Kedua operand tersebut di letakan di antara tulisan int() yang berfungsi untuk melakukan konversi variable bertipe string menjadi variable berupa numeric dalam hal ini adalah bertipe integer.hal tersebut di lakukan karena txt1.text dan txt2.text merupakan objek variable yang bertipe string.
Adapun variable yang di gunakan untuk menampung hasil perhitungan adalah variable txthasil.text.sehingga apabila statemen tersebut anda sedeerhanakan,maka hasilnya adalah:
Hasil=opr1+opr2

Pada saat aplikasi di jalankan ,anda akan meminta untuk memasukan dua buah angka yang akan di hitung .di bagian textbox angka  yang sudah di sediakan di lanjutkan dengan menekan tombol HITUNG maka secara otomatis hasilnya akan tampil di setiap textbox  hasil masing-masing.


Penjelasan dari statemen di atas berlaku pula untuk semua statemen yang terdapat pada kelompok tersebut. Selain kelompok stateemen yang berisikan operasi aritmetika terdapat pula statemen yang diletakan pada objek btkeluar yaitu statemen END. Statemen end merupakan statemen yang digunakan untuk keluar aplikasi yang sedang berjalan.begitu juga dengan statemen bersihkan di dletakan pada objek btbersihkan yang di gunakan untuk membersihkan yang anda ketikan beserta hasilnya.

  insya allah segituu sajaaa....
mudah-mudahan bermanfaat...
terima kasih..


1 komentar: