MANFAAT
IT DALAM BIDANG PENDIDIKAN
IT Sebagai Media
Pembelajaran Multimedia
Kerjasama antar
pakar dan juga dengan mahasiswa yang letaknya berjauhansecara fisik
dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dahulu, seseorang harus berkelana
atau berjalan jauh menempuh ruang dan waktu untuk menemui seorang
pakar untuk mendiskusikan sebuah masalah. Saat ini hal ini dapat
dilakukan dari rumah denganmengirimkan email.
Makalah dan penelitian dapat dilakukan dengan saling tukarmenukar
data melalui Internet, via email, ataupun dengan menggunakan
mekanisme file sharing dan mailing list
Bayangkan apabila seorang mahasiswa di Sulawesi
dapatberdiskusi masalah teknologi komputer dengan
seorang pakar di universitasterkemuka di pulau
Jawa. Mahasiswa dimanapun di Indonesia dapat mengakses pakaratau
dosen yang terbaik di Indonesia dan bahkan di dunia. Batasan
geografis bukanmenjadi masalah lagi.Sharing
information juga sangat dibutuhkan dalam bidang penelitian
agarpenelitian tidak berulang (reinvent the wheel). Hasil-hasil
penelitian di perguruan tinggi dan lembaga
penelitian dapat digunakan bersama-sama sehingga mempercepat proses
pengembangan ilmu dan teknologi.
Virtual university merupakan sebuah
aplikasi baru bagi Internet. Virtualuniversity
memiliki karakteristik yang scalable yaitu dapat menyediakan
pendidikan yang diakses oleh orang banyak. Jika pendidikan hanya
dilakukan dalam kelas biasa,berapa jumlah orang yang dapat ikut serta
dalam satu kelas? Jumlah peserta mungkinhanya dapat diisi 40 - 50
orang. Virtual university dapat diakses oleh siapa saja,darimana
saja. Penyedia layanan Virtual University ini adalah www.ibuteledukasi.com Mungkin
sekarang ini Virtual University layanannya belumefektif
karena teknologi yang masih minim. Namun diharapkan di masa depan
VirtualUniversity
ini dapat menggunakan teknologi yang lebih handal semisal
VideoStreaming
yang dimasa mendatang akan dihadirkan oleh ISP lokal, sehingga
terciptasuatu
sistem belajar mengajar yang efektif yang diimpi-impikan oleh setiap
ahli IT didunia
Pendidikan. Virtual School juga diharapkan untuk hadir pada jangka
waktu satudasawarsa
ke depan.Dibalik
semua pemaparan diatas, Idealnya, suatu pendidikan jarak jauh
berbasis
web antara lain harus memiliki unsur-unsur sebagai berikut:
(1) Pusat kegiatan
siswa, sebagai suatu community web based distance learningharus
mampu menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa,dimana
mahasiswa dapat menambah kemampuan, membaca materi kuliah,mencari
informasi dan sebagainya.
2) Interaksi dalam
grup, Para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain
untuk mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen
dapat hadir dalamgroup ini untuk memberikan sedikit ulasan tentang
materi yang diberikannya.
3)
Sistem administrasi mahasiswa, dimana para mahasiswa dapat
melihatinformasi mengenai status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan
sebagainya
4)
Pendalaman materi dan ujian, Biasanya dosen sering mengadakan quis
singkatdan tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari apa yang telah
diajarkan sertamelakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini juga
harus dapat diantisipasioleh web based distance learning.
5)
Materi online diluar materi kuliah, Untuk menunjang perkuliahan,
diperlukan juga bahan bacaan dari web lainnya. Karenanya pada
bagian ini, dosen dansiswa dapat langsung terlibat untuk memberikan
bahan lainnya untuk dipublikasikan kepada mahasiswa lainnya melalui
web.
Apabila
dirangkumkan, hal-hal yang harus dihadirkan oleh fasilitas
Internetuntuk memaksimalkan efektifitas pendidikan di Indonesia
adalah sebagai berikut :
►
Akses
ke perpustakaan;
►
Akses
ke pakar;
►
Melaksanakan
kegiatan kuliah secara online;
►
Menyediakan
layanan informasi akademik suatu institusi pendidikan;
►
Menyediakan
fasilitas mesin pencari data;
►
Meyediakan
fasilitas diskusi;
►
Menyediakan
fasilitas direktori alumni dan sekolah
lebih lengkapnya lagi baca
Tidak ada komentar:
Posting Komentar